Apa itu Sitemap atau Peta Situs? – Video Tutorial

 

Sitemap atau Peta situs merupakan file tempat membagikan data tentang laman artikel, video, serta file lain di website anda serta ikatan yang terjalin di antaranya.

Mesin telusur seperti  Google membaca file ini untuk merayapi website anda dengan lebih efektif.

Sitemap memberi tahu kepada Google file mana yang saja yang ada di website anda, juga membagikan link data yang berharga. Misalnya, kapan artikel terakhir diperbarui serta tipe bahasa alternatif apa juga dari laman tersebut.

Anda juga bisa menggunakan Sitemap untuk membagikan data tentang tipe konten tertentu di laman tertentu, termasuk video, foto, serta konten kabar lainnya.

Sebagai  contohnya:

  • Entri video peta situs bisa memastikan waktu pemutaran video, jenis, serta peringkat kesesuaian umur.
  • Entri foto peta situs bisa menyertakan subjek foto, tipe, serta lisensi.
  • Entri kabar peta situs bisa menyertakan judul postingan serta bertepatan pada publikasi.

Apabila kita gunakan CMS seperti WordPress, Wix, ataupun Blogger, maka CMS sudah membuatkan Sitemap untuk kebutuhan mesin telusur yang sudah dipersiapkan.

Apakah anda membutuhkan peta situs?

Bila laman website anda ditautkan dengan benar, maka Google bisa menyimpan sebagian besar data pada web anda.

Dengan penautan yang benar maka berarti seluruh artikel yang ada bisa dijangkau lewat navigasi, baik itu pada fitur menu ataupun tautan yang ditempatkan di laman. Dengan demikian, peta situs bisa memudahkan perayapan pada website anda .

Namun demikian, meski anda telah memasang peta situs bukan jaminan bahwa seluruh artikel pada website anda terindeks oleh google, tapi setidaknya google lebih mudah melakukannya. Hal ini juga terkait dengan proses Google mengandalkan algoritme untuk menjadwalkan perayapan.

Tetapi, dalam banyak hal, website yang memasang Sitemap akan lebih baik daripada tidak sama sekali.

Baca juga :  Apa Itu Mesin Pencari (Search Engine)

Video tutorial pemasangan sitemap

TANYA JAWAB

Apa itu Peta Situs? Seberapa penting?

Banyak orang ingin memiliki website. Atau jika Anda sudah memiliki web, Anda mungkin pernah melihat atau mendengar istilah ‘Peta Situs’ dan bertanya-tanya apa itu. Jadi bagaimana itu membantu situs web kami?

Apa itu Peta Situs?

Jika harus menerjemahkan langsung, Sitemap adalah bagian yang menjelaskan bagaimana situs web kami terstruktur.

Jika lebih mudah dipahami Bayangkan sebuah situs web sebagai sebuah buku. Sitemap seperti daftar isi dalam sebuah buku.  Ini adalah bagian yang menceritakan berapa banyak bab buku ini. Apa nama tiap babnya, dll

Kapan peta situs perlu dibuat?

Jika Anda bertanya kepada saya kapan saya perlu membuat Sitemap, saya harus mengatakan bahwa saya harus melakukannya sebelum saya mulai membuat situs web karena membuat Sitemap dianggap sebagai perencanaan proyek situs web kami. Hal ini memungkinkan kita untuk melihat gambaran lengkap dari situs web. Berapa banyak halaman yang akan dimiliki situs web kita, berapa banyak menu, setiap halaman, masing-masing menu terkait dengan apa?

Kapan sitemap harus dilakukan?

Contoh Sitemap

peta situs

Bisnis : Toko online yang menjual kosmetik.

Sitemap:

  • Halaman Utama
  • tentang kami
  • kosmetik
  • kulit
  • mulut
  • mata
  • produk perawatan kulit
  • kulit wajah
  • tubuh
  • hubungi kami
  • Pengiriman
  • kembali
  • FAQ

Saat kita membuat sitemap seperti pada gambar diatas.

Dari informasi di atas yang sudah kita bahas di atas, itulah yang disebut dengan HTML Sitemap.

Tetapi beberapa orang mungkin memiliki pertanyaan tambahan. Pernahkah Anda mendengar sitemap.xml, apa itu? Apakah sama atau berbeda dengan sitemap di atas?

Sitemap vs Sitemap XML

Jawabannya sama.

Tapi XML Sitemap adalah daftar isi untuk berbagai bot mesin pencari untuk dijelajahi lebih lanjut. Saat masuk, bot akan mensurvei dan mengumpulkan data. Berapa banyak halaman konten situs web, berapa banyak URL, terakhir diperbarui dan tanggal berapa? Oleh karena itu, XML Sitemaps sangat penting untuk situs web apa pun yang perlu melakukan SEO.

Baca juga :  Eksperimen Mendorong Artikel SEO Tampil di Halaman 1-2 Google

optimasiweb

Leave a Comment